Keliling Indonesia dalam Satu Hari – Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Keliling Indonesia dalam Satu Hari – Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Pintu Gerbang TMII

            Pernah terbesit? Keliling Indonesia dalam sehari? Mmmm… Gimana ya rasanya? Pasti melelahkan karena harus mengejar waktu dan jadwal pemberangkatan, belum lagi kalau ada hambatan-hambatan lainnya. Jika tidak direncanakan dengan baik, semua akan berantakan. Tapi tidak mungkin bisa dalam sehari jika benar-benar keliling sampai pelosok Indonesia. Benar bukan? Nah, oleh karena itu, Readers, coba ingat kembali satu tempat wisata yang hampir menyediakan informasi seputar daerah di Indonesia. Jika kalian pernah mendengarnya, pasti tahu Tempat Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
            Bagi kalian yang ingin merasakan berkeliling Indonesia dalam waktu singkat, boleh coba mengunjungi kawasan ini. Pastinya akan lebih mudah untuk kalian mengeksplornya serta menikmati keindahan kawasan tersebut
Lebih lanjut dalam pembahasan yang kedua ini, author akan membagikan serta menjelaskan informasi-informasi mengenai Taman Mini Indonesia Indah serta berbagai hal yang akan mendukung perjalanan wisata kalian menjadi lebih mudah. Simak yuk penjelasannya di bawah ini.

1.      Tentang Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Teater IMAX Keong Mas

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Area seluas kurang lebih 150 hektar atau 1,5 kilometer persegi ini terletak pada koordinat 6 derajat 18'6.8''LS, 106 derajat 53'47.2''BT. Di Indonesia, hampir setiap suku bangsa memiliki bentuk dan corak bangunan yang berbeda, bahkan tidak jarang satu suku bangsa memiliki lebih dari satu jenis bangunan tradisional. Bangunan atau arsitektur tradisional yang mereka buat selalu dilatarbetakangi oleh kondisi lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki.
Di TMII, gambaran tersebut diwujudkan melalui Anjungan Daerah, yang mewakili suku-suku bangsa yang berada di 33 Provinsi Indonesia. Anjungan provinsi ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia, secara tematik dibagi atas enam zona; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tiap anjungan menampilkan bangunan khas setempat. Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 33 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian dan tradisi daerah.
Disamping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku, berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota kita, Jakarta.
Logo TMII


Maskot TMII - Hanoman Nitra

TMII memiliki logo yang pada intinya terdiri atas huruf TMII, Singkatan dari "Taman Mini Indonesia Indah". Sedangkan maskotnya berupa tokoh wayang Hanoman yang dinamakan NITRA (Anjani Putra). Maskot Taman Mini "Indonesia Indah" ini diresmikan penggunaannya oleh Ibu Tien Soeharto, bertepatan dengan dwi windu usia TMII, yaitu pada tahun1991.
TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Berbagai aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia sampai pemanfaatan teknologi modern diperagakan di areal seluas 150 hektar. Aslinya topografi TMII agak berbukit, tetapi ini sesuai dengan keinginan perancangnya. Tim perancang memanfaatkan ketinggian tanah yang tidak rata ini untuk menciptakan bentang alam dan lansekap yang kaya, menggambarkan berbagai jenis lingkungan hidup di Indonesia.

2.    Sejarah Singkat
Presiden Soeharto

13 Maret 1970
Ibu Tien Soeharto menyampaikan gagasan pembangunan Miniatur Indonesia pada rapat pengurus YHK di Jl. Cendana No. 8, Jakarta. Bentuk dan sifat isian proyek berupa bangunan utama bercorak rumah-rumah adat yang dilengkapi dengan pergelaran kesenian, kekayaan flora-fauna, dan benda budaya lain dari masing-masing daerah yang ada di Indonesia.
Gagasan itu dilandasi oleh suatu keinginan untuk membangkitkan kebanggaan dan rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air, serta untuk memperkenalkan Indonesia kepada bangsa-bangsa lain di dunia. Gagasan tersebut makin mantap setelah Ibu Tien selaku ibu negara menyertai perjalanan kerja Presiden Soeharto ke berbagai negara, dimana ia mendapat kesempatan mengunjungi obyek-obyek wisata di luar negeri, diantaranya Disneyland Amerika Serikat dan Timland di Muangthai. Kunjungan Ibu Tien Soeharto ke pbyek-obyek wisata tersebut mendorong untuk mewujudkan ide ke dalam suatu proyek dengan membuat taman tempat rekreasi yang mampu menggambarkan kebesaran dan keindahan Indonesia dalam bentuknya yang mini.
Gagasan pembangunan suatu miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. Gagasan ini tercetus pada suatu pertemuan di Jalan Cendana no. 8 Jakarta pada tanggal 13 Maret 1970. Melalui miniatur ini diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia. Maka dimulailah suatu proyek yang disebut Proyek Miniatur Indonesia "Indonesia Indah", yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita.

30 Januari 1971
Pada penutupan Rapat Kerja Gubernur, Bupati, dan Walikota seluruh Indonesia di Istana Negara, yang juga dihadiri oleh Presiden Rl, Ibu Tien Soeharto dengan di dampingi Menteri Dalam Negeri Amir Mahmud untuk pertama kalinya memaparkan maksud dan tujuan pembangunan Miniatur Indonesia "Indonesia Indah" di depan umum.
Dengan surat YHK, Ibu Tien Soeharto menugaskan Nusa Consultans untuk membuat rencana indukdan studi ke-layakan. Tugas itu selesai dalam waktu 3,5 bulan. Pada tanggai 30 Juni 1972 pembangunan dimulai tahap demi tahap secara bersinambungan. Rancangan bangunan utama berupa peta relief Miniatur Indonesia berikut penyediaan airnya,Tugu Api Pancasila, bangunan Joglo, dan Gedung Pengelolaan disiapkan oleh Nusa Consultants berikut pembuatan jalan dan penyediaan kaveling tiap-tiap bangunan; sedang rancangan bangunan lain, seperti bangunan khas tiap daerah, dikerjakan oleh berbagai biro arsitek; Nusa Consultants hanya membantu menjaga keserasian keseluruhannya. Berkat kegotong-royongan semua potensi nasional: masyarakat di sekitar lokasi, pemerintah usat dan daerah, swasta, dan berbagai unsur masyarakat lainnya, dalam kurun waktu tiga tahun pembangunan TMII tahap pertama dinyatakan selesai.

Batu Peresmian TMII

            25 April 1975
Di bawah terik matahari sore langit kota Jakarta, Taman Mini "Indonesia Indah" diresmikan pembukaannya oleh Presiden Soeharto.


3.    Atraksi apa saja yang ada di tempat ini?
Anjungan Daerah


Rumah Adat Sumatera Utara

               a. ANJUNGAN DAERAH
                 Anjungan Daerah adalah bangunan-bangunan rumah adat yang bercirikan arsitektur tradisional khas daerah Indonesia. Terdapat 33 Anjungan Daerah yang dibangun berderet mengelilingi danau Miniatur Arsipel Indonesia, melambangkan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Tiap provinsi menampilkan sekurangnya tiga bentuk rumah adat khas daerah, berada di satu kawasan yang disediakan untuk provinsi bersangkutan.



Rumah Adat di tiap Anjungan

             Bentuk rumah adat dibuat sesuai dengan bangunan asli, baik ukuran, bentuk atap, ragam hias, susunan ruangan, bentuk jendela, tangga, dan detail lainnya. Bahkan ada yang langsung dipindahkan dari daerahnya, seperti rumoh Aceh Cut Meutia yang langsung dibawa dari Nangroe Aceh Darusallam. 
                 Anjungan Daerah dimaksudkan untuk memberikan informasi mengenai rumah adat berbagai suku bangsa di Indonesia kepada masyarakat luas, terutama generasi muda yang mungkin tidak sempat lagi melihat rumah adat di daerah asalnya. Bangunan dan rumah adat sekaligus digunakan sebagai temapat pameran dan peragaan berbagai benda sejarah, pakaian adat, peralatan kesenian, hasil kerajinan, dan benda-benda budaya lain yang merupakan warisan bangsa yang tak ternilai harganya.

Museum Olahraga Nasional

b. MUSEUM
Bangsa yang kuat adalah bangsa yang tidak melupakan masa lalunya. Masa lalu yang tersimpan baik akan menuntun sebuah bangsa mencari jati diri dan dapat menentukan arah serta tujuannya di masa depan secara efektif. Bahkan peradaban-peradaban besar yang tersebar di seluruh dunia selalu memiliki perpustakaan dan pusat dokumentasi yang tertata baik. 
Berbagai Macam Museum
Hal itu menjadi salah satu semangat utama pendirian TMII. sebagai buktinya, hingga saat ini tidak kurang dari 19 museum yang berbeda sudah berdiri di atas lahannya. Ragam dan variasi jenis museum tersebut ditujukan untuk menjawab rasa pengetahuan dan berbagai pertanyaan seputar pengetahuan, kehidupan, sosial masyarakat, budaya dan peradaban, teknologi dan lain sebagainya.

c. FLORA & FAUNA

Taman-Taman Flora dan Fauna

Taman Rekreasi di dalam area TMII terdiri dari beberapa jenis. Setidaknya taman rekreasi ada yang dikategorikan sebagai taman monumental, taman flora, taman fauna serta taman hiburan. Taman monumental diantaranya adalah Taman Prasasti APEC dan Monumen Persahabatan Negara Non Blok. Taman Flora terdiri dari Taman Apoti Hidup, Taman Melati, serta Taman Legenda Keong Emas. Taman Fauna diantaranya Taman Bekisar, Taman Burung, Taman Reptilia, Taman Kupu, Dunia Air Tawar. Taman Hiburan dan Sarana Rekreasi antara lain taman air Snowbay Water Park, Istana Anak Anak Indonesia dan Among Putro "Jagat Antariksa" SkyWorld. 

d. WAHANA REKREASI

Tugu Pancasila di TMII

Selain sebagai Lembaga Pelestarian Budaya Indonesia, Taman Mini 'Indonesia Indah' merupakan salah satu penyedia sarana pendidikan dan rekreasi dalam satu tempat sekaligus. Wahana rekreasi tersebut antara lain Istana Anak-Anak Indonesia, Teater IMAX Keong Emas, Teater 4D'Motion, Kereta Gantung, Monorel Titihan Samirono, Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Taman Among Putro Skyworld, Snowbay Waterpark dan Taman Legenda Keong Emas.

Wahana Rekreasi tersedia sangat banyak
Berbagai jenis wahana dan fasilitas tersebut semuanya mempunyai dimensi rekreasi, pendidikan dan pelestarian sekaligus pemerkaya cakrawala pengetahuan dan pewarisan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, Khususnya bagi generasi muda.

e. TEMPAT IBADAH

Tempat Ibadah yang terletak didalam TMII

Jika ingin melihat betapa rukun dan damainya umat beragama beribadah tanpa konflik diwaktu yang saling berdekatan, silahkan datang ke TMII dan melihatnya secara langsung. Disini kita akan menemukan penganut agama Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu dan konghucu berjalan bersama menuju rumah ibadah masing-masing yang hanya berjarak beberapa meter. 


4.      Aktivitas Selama di Kawasan TMII
Pertunjukan Tarian di Anjung

             Berdasarkan berbagai macam atraksi yang ada, kegiatan yang dapat dilakukan di dalam kawasan TMII ini pun beragam, seperti :
-       Bersepeda mengelilingi anjungan-anjungan daerah yang ada
-    Mengunjungi anjungan daerah, museum-museum serta taman rekreasi untuk edukasi maupun sejarah
-   Menikmati pemandangan danau yang memiliki pulau- pulau kecil menyerupai peta Indonesia
-       Berfoto ria di spot-spot yang indah seperti Istana Boneka
-       Menonton di Teater-teater yang ada
-       Menikmati pemandangan kawasan TMII dengan kereta gantung
-       Berenang di Snowbay
-       Dan masih banyak lagi lainnya


5.      Amenities Yang Ada di Kawasan TMII

Fasilitas yang disediakan di Taman Mini "Indonesia Indah" terbagi menjadi 4 (empat) Kategori, yaitu hotel dan restoran, toko kerajinan tangan dan galeri, persewaan gedung dan transportasi umum. Ada beberapa hotel dan restoran yang berada di dalam komplek TMII yakni, Desa Wisata Hostel, Puri, Graha Wisata Remaja, Puri Caping Gunung dan Pondok Pecel Madiun. Begitu juga dengan toko kerajinan tangan dan galeri dimana para pengunjung dapat melihat hasil karya para seniman di Desa Seni dan Pasar Buku Langka. 
Fasilitas yang disediakan lengkap
Saat ini TMII menyewakan beberapa gedung dan tempat untuk kegiatan pernikahan, acara kesenian, wisuda dan pertemuan keluarga maupun kantor antara lain Gedung Joglo, Sasana Kriya, Teater Tanah Airku dan Teater Bhinneka Tunggal Ika. 
Mengingat luasnya yang mencapai 150 hektar, maka disediakanlah beragam alat transportasi umum untuk para pengunjung TMII seperti mobil keliling, sepeda listrik dan sepeda wisata.


6.      Akomodasi yang tersedia disekitar kawasan TMII

Selain beberapa penginapan yang tersedia di dalam TMII, ada pula akomodasi yang terdapat di luar kawasan tersebut dan tidak jauh dari tempat ini, antara lain :

a.       Penginapan

RedDoorz @Jatiwaringin
o   RedDoorz @Jatiwaringin di Jl. Jatiwaringin Raya Gang Haji Mahdi No.105, Jakarta Timur
o   Titanium Express HomTel di Titanium Square, JL. Raya Bogor KM 27, Pasar Rebo, Pekayon, Jakarta Timur

b.      Hotel
Aston Simatupang

o   Hotel Santika Taman Mini Indonesia Indah di  Jalan Pintu 1, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur (***)
o   Hotel Harper M.T. Haryono di Jl. M.T Haryono Kav.6-7 (Jl. Biru Laut X), Jakarta (****)
o   Swiss-Belresidences Kalibata di  Jl. Kalibata Raya No.22, Jakarta (****)
o Aston Priority Simatupang Hotel and Conference Center di Jl. TB. Simatupang Kav. 9, Jakarta (****)


7.      Akses Menuju Kawasan TMII

      Angkutan umum ke lokasi / gedung :
Angkot KWK S15A
ANGKUTAN KOTA (ANGKOT) :
KWK S 15A Ragunan – Taman Mini/Pinang Ranti
KWK T 01 Cililitan – Setu
KWK T 02 Cililitan – Cilangkap/Cipayung
Koasi 40 Kampung Rambutan – Bekasi
Halte Busway Taman Mini

TRANSJAKARTA BUSWAY

Rute :
Pluit – Pinang Ranti
(lanjut naik KWK S15A ke arah Taman Mini)
Halte terdekat :
Taman Mini Garuda
Kereta KRL Commuter Line ke Stasiun Pasar Minggu.
Jalan sedikit ke arah pertigaan Jalan Raya Pasar Minggu – Ramayana.
Di situ naik angkot merah KWK S 15A arah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Pintu 2.
Turun di seberang Mal Taman Mini Square (Tamini Square), Jalan Raya Pondok Gede. Menyeberang ke depan Mal Tamini Square.
Lanjut naik angkot merah KWK T 02 arah Cilangkap atau KWK T 01 arah Bambu Apus.
Turun di depan Pintu 1 atau Pintu 3 Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.
Dari Pasar Minggu bisa langsung naik angkot KWK S 15A langsung ke Pintu 2 Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tapi Pintu 2 itu biasanya tertutup untuk umum.

8.      Waktu Kunjungan dan Harga Tiket di TMII
              JAM OPERASIONAL

        Buka Setiap Hari

        Pukul : 08.00 s/d 22.00 WIB.

        Wahana TMII buka setiap Hari

        Pukul : 09.00 s/d 16.00 WIB.


                         Harga Tiket


PINTU MASUK TMII
Senin s/d Jum'at, Sabtu - Minggu, Hari libur
Perorangan
Rp. 10.000,-
Mobil
Rp. 10.000,-
Bus/Truk
Rp. 30.000,-
Motor
Rp. 6.000,-
Sepeda
Rp. 1.000,-
Senin - Minggu Jam Operasional Pintu Masuk TMII 07.00 - 22.00 WIB 


MUSEUM
Museum Indonesia
Rp. 15.000,-
Museum Prangko Indonesia
Rp. 5.000,-
Museum Pusaka
Rp. 10.000,-
Museum Transportasi
Rp. 5.000,-
Museum Listrik dan Energi Baru
Rp. 10.000,-
Museum Telekomunikasi
Rp. 2.000,-
Museum Olahraga Nasional
Rp. 2.000,-
Museum Asmat
Rp. 10.000,-
Museum Timor-Timor
Rp. 5.000,-
Pusat Peragaan IPTEK
Rp. 16.500,-
Museum Minyak dan Gas Bumi (GAWITRA)
Rp. 15.000,-
Museum Penerangan
Bebas Biaya
Bayt AL-QUR'AN dan Museum Istiqlal
Sedang di renovasi
021-8416468
Bebas Biaya

FLORA FAUNA
Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga
Rp. 25.000,-
Theater 4D DAT (Senin-Jumat)
Theater 4D DAT (Sabtu-Minggu, Hari Libur)
Taman Burung dan Taman Bekisar
Rp. 20.000,-(Untuk 2 Orang)
Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia
Rp. 25.000,-


FASILITAS
Sasono & Puri
021-87795617
Hubungi kami
Teater Tanah Airku
021-29378593
Hubungi kami
Hotel Desa Wisata
021-8401138, 021-8401153
Hubungi kami
Graha Wisata Remaja
021-8409289, 021-8400418
Hubungi kami
Resto Puri Caping Gunung
021-8409445, 021-8409446
Hubungi kami
Transportasi
Mobil Wisata Nusantara
Rp. 10.000,- untuk 3x naik
Carter Mobil Wisata (Suzuki Carry)
Rp. 150.000,-/jam
Carter Mobil VIP (Isuzu)
Rp. 200.000,-/jam
Carter Mobil Wisata (Micro Bus)
Rp. 250.000,-/jam
Carter Mobil Wisata (Gandeng)
Rp. 500.000,-/jam
Carter Mobil VIP (Isuzu)
Rp. 200.000,-/jam
Carter Mobil Wisata (Suzuki Carry)
Rp. 500.000,-/hari (8 jam)
Carter Mobil VIP (Isuzu)
Rp. 750.000,-/hari (8 jam)
Carter Mobil Wisata (Micro Bus)
Rp. 1.500.000,-/hari (8 jam)
Carter Mobil Wisata (Gandeng)
Rp. 1.500.000,-/hari (8 jam)
Sepeda (Single)
Rp. 15.000,-/Jam
Sepeda (Double)
Rp. 25.000,-/Jam



ISTANA ANAK ANAK INDONESIA
Pintu Masuk
Rp. 10.000,-
Kereta Api Kelinci
Rp. 10.000,-
Mandi Bola
Rp. 5.000,-
Kolam Renang Sendang Sejodo
Rp. 15.000,-
Bumper Car
Rp. 15.000,-
Air Plane
Rp. 10.000,-
Monorail
Rp. 10.000,-
Komedi Putar
Rp. 10.000,-
Roda Tamasya
Rp. 10.000,-
Kiddy Boat
Rp. 10.000,-
Baterry Car
Rp. 10.000,-
Pesawat Capung
Rp. 10.000,-
Fancy Animal
Rp. 10.000,-
Giring Ombak
Rp. 10.000,-
ATV Motor
Rp. 10.000,-
Roller Coaster
Rp. 10.000,-
Kapal Ayun
Rp. 10.000,-
        Senin - Minggu Jam Operasional 08.30 - 17.00 WIB



REKREASI
SnowBay Water Park


09.00 - 18.00 WIB
Senin s/d Jumat
Rp. 140.000,-
Sabtu & Minggu, Hari Libur
Rp. 180.000,-
Theater IMAX Keong Emas
09.00 - 17.00 WIB
Umum / Biasa
Rp. 35.000,-/orang
VIP / Balkon
Rp. 60.000,-/orang
Outbound - Harga terusan
Rp. 65.000,-
Green Skate Park
Rp. 15.000,-
Taman Legenda Keong Emas
Senin s/d Kamis (10.00 - 17.00 WIB)
Rp. 20.000,-
Jumat s/d Minggu, Hari Libur (10.00 - 18.00 WIB)
Rp. 30.000,-
Petualangan Dinosaurus
Rp. 30.000,-
Mata Legenda
Rp. 20.000,-
Nirwata Kisar
Rp. 20.000,-
Kapal Bajak laut
Rp. 15.000,-
Kereta Beos
Rp. 15.000,-
Ulat Selur
Rp. 15.000,-
Anak Tirta
Rp. 25.000,-
Titihan Samirono/Aeromovel
Senin-Jumat (09.00-16.30 WIB)
Rp. 30.000,-
Sabtu-Minggu, Hari Libur (08.30-18.00 WIB)
Rp. 40.000,-
Kereta Gantung
Senin-Jumat (09.00-16.30 WIB)
Rp. 40.000,-
Sabtu-Minggu, Hari Libur (08.30-18.00 WIB)
Rp. 50.000,-
Kereta Api Mini
Senin-Jumat (09.00-17.00 WIB)
Rp. 20.000,-
Sabtu-Minggu, Hari Libur (09.00-18.00 WIB)
Rp. 25.000,-
*) Usia 2 Tahun sudah dikenakan 1 Tiket
Teater 4 Dimensi
Senin s/d Jumat (09.00 - 17.00 WIB)
Rp. 15.000,-
Sabtu-Minggu, Hari Libur (09.00 - 17.00 WIB)
Rp. 25.000,-
Sky World
Senin s/d Jumat (9.00-17.00 WIB)
Rp. 60.000,-/Pax
Sabtu-Minggu, Hari Libur (8.00-17.00 WIB)
Rp. 60.000,-/Pax









9. PETA / MAP KAWASAN TMII
Kawasan Keseluruhan TMII


Sekian Pembahasan Kedua mengenai Taman Mini Indonesia Indah
Semoga bermanfaat bagi para Readers
Terimakasih sudah membacaa....
💟💟💟💟💟💟💟💟💟💟😍😍
Salam,

Author - SS

Komentar

  1. Terimakasih kak sudah nulis tentang artikel ini. sangat membantu banget setelah membacanya.
    jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini
    Berikut link Harga Tiket wisata dari beberapa tempat wisata di indonesia .
    Harga Tiket Taman Legenda Keong Mas

    Harga Tiket The Lodge Maribaya

    Virtual Tour Indonesia

    Harga Tiket agung fantasi waterpark

    Harga Tiket watersplash darmawangsa

    Harga Tiket rinjani waterpark

    Harga Tiket Go splash panjibuwono

    Virtual Tour Indonesia

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sisi Lain Indonesia Timur - Papua Barat "Kab. Fakfak & Teluk Wondama"

Landmark Indonesia – Monumen Nasional di Jakarta