Gorontalo “Hidden Paradise” – Private Islands

Gorontalo “Hidden Paradise”Private Islands

Diving Experience at Hidden Paradise Gorontalo

           
Jika mendengar objek wisata di Sulawesi pastinya kebanyakan orang akan langsung berfikir mengenai Bunaken dengan keindahan alam laut nya yang begitu mempesona, keindahan pantai dengan hamparan luas air laut yang kehijauan, biota laut serta flora dan fauna yang menakjubkan. Namun, tidak hanya Bunaken yang memiliki itu semua, salah satunya ialah Gorontalo dengan keindahaan alam yang juga begitu menakjubkan bahkan tidak kalah dari Bunaken. Gorontalo sendiri merupakan sebuah provinsi yang tergolong baru di Indonesia karena resmi menjadi provinsi pada tahun 2000 tanggal 22 Desember dengan urutan ke 32, sejak berpisah dari provinsi Sulawesi Utara dengan Manado sebagai Ibu Kota provinsi tersebut.
Walaupun merupakan provinsi baru, Gorontalo memiliki keindahan alami yang sudah ada sejak dulu. Tempat wisata di Gorontalo yang menarik juga sangat banyak sekali dan bisa dijadikan agenda untuk liburan kalian. Nah, sesuai dengan julukannya “The Hidden Paradise”, kota ini menawarkan keindahan alam yang mengagumkan. Mulai dari wisata pantai, pulau, air terjun, budaya maupun makanannya yang sangat beragam.
Pada kesempatan kali ini, Author akan membahas Keindahan Pulau Kecil di Gorontalo yang masih jarang terdengar namun memiliki keindahan alam yang luar biasa dan masih tergolong virgin (masih jarang dijamah orang-orang). Untuk kalian yang ingin merasakan memiliki Pulau Private bisa melakukan wisata ke Pulau-Pulau di bawah ini :

PULAU ASIANGI

Lito Asiangi atau Pulau Asiangi dilihat dari Satelit
Memiliki biota laut yang asri, terdapat penangkaran berbagai jenis ikan hias dan dikelilingi oleh hutan bakau dengan hamparan pasir putih yang luas, dan terletak ± 3 mil dari batas pantai Kec. Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Lito Asiangi atau Pulau Asiangi ini berpenghuni namun sangat minim penduduknya. Oleh karena itu, suasana tenang dengan desiran air laut di pantainya, pasti akan dapat menyegarkan batin. Kalian pun dapat mengeksplor pulau ini dengan lebih bebas layaknya pulau pribadi, berfoto ria, diving, snorkeling, sunbathing, berenang atau sekedar berjalan-jalan.
Namun tetap harus diperhatikan ya, Readers, bahwa jika ingin menikmati keindahan tersebut kita pun harus dapat menjaganya agar dapat dinikmati dalam waktu yang lama. Selain itu, karena masih minimnya fasilitas sebaiknya tetap berhati-hati dan ikuti petunjuk local guide selama berwisata.

Teluk Tomini dan Desa Olele

Nah, diantara Pulau Asiangi dan Pulau Mohupombo ini juga terdapat teluk terbesar di Indonesia, yang letaknya di Kabupaten Boalemo, yaitu Teluk Tomini. Luas Teluk Tomini kurang lebih 6 juta hektare dan persis berada di jantung segitiga terumbu, serta terletak tepat di garis khatulistiwa. Biota lautnya sangat kaya akan ikan ekonomis seperti cakalang, tuna, kuwe, kerapu, dan baronang. Ikan hias pun bermukim di sini, penyelam bisa menemukan angelfish, butterflyfish, serinding hingga anemon. Jika berkesempatan kalian bisa mencoba untuk diving disini dengan ikut dengan kapal nelayan atau menyewanya.
Selain Teluk Tomini ada objek wisata lainnya yang tidak terlalu jauh dari Pulau Asiangi, ada Pantai Boalemo Indah, Pantai Managgu, Pulau dan Pantai Mohupombo, Air Terjun Ayuhulalo, Taman Polohungo, Wulungiyo Olikani, Dusun Dua, Pelabuhan Tilamuta, Desa Bajo,  Libuiyo TilamutaLibuiyo BayasaLibuiyo Lamu dan Libuiyo Bintalo yang masih berada di kawasan Kabupaten Boalemo.



PULAU BATADE

Lito Batade Da'a atau Pulau Batade Besar dilihat dari Satelit
            Lito Batade atau Pulau Batade terletak di Kecamatan Dulupi, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Sebenarnya pulau ini ada 2 yaitu Batade Da’a (Besar) dan Batade-Kiki (Kecil), namun yang berpenghuni adalah Batade Da’a (Besar). Pulau ini menyuguhkan keindahan alam laut yang sangat menakjubkan. Bagi kalian yang berkunjung, tempat ini masih sangat perawan, tidak banyak yang datang ke tempat tersebut karena belum banyak diketahui khalayak. Jika kalian berkesempatan boleh mencoba diving dan snorkeling disini. Pantai dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih, terumbu karang yang beragam, fauna laut yang cantik dan unik terdapat disini. Maka, jangan lewatkan tempat ini juga ya.

Lito Batade atau Pulau Batade

            Bersantai sambil berjemur dan berfoto ria atau berenang juga dapat menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikan di sini. Pastikan keperluan yang kalian bawa juga mencukupi ya, karena disini tidak ada akomodasi yang disediakan. Penduduknya sangat sedikit dan fasilitas masih belum cukup memadai.



PULAU BITILA

Pulau Bitila tak berpenghuni

Pulau Bitila merupakan pulau yang tak berpenghuni. Pulau Bitila dikhususkan sebagai wisata bahari oleh pemerintah Kabupaten Boalemo. Pulau Bitila memang memiliki keindahan yang luar biasa menarik para wisatawan domestik juga mancanegara. Pulau ini memang tak begitu luas namun mempunyai vegetasi yang kaya. Inilah yang membuat Pulau Bitila rimbun dan terasa sangat sejuk. Pasir putihnya yang lembut membentang di sepanjang garis pantainya. Di sini, Anda dapat berbaring menikmati hangatnya sinar matahari.

Pulau Bitila yang Rimbun Pepohonan dan Sejuk
Pulau Bitila merupakan salah satu destinasi wisata bahari di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, tepatnya di Desa Kramat, Kecamatan Mananggu. Jarak tempat ini dari Kota Gorontalo kurang lebih 140 KM, dan memerlukan waktu tempuh kurang lebih 3 jam untuk menuju lokasi ini. Untuk menuju pulau, kita perlu menaiki perahu atau sampan yang telah disediakan oleh para warga sekitar, waktu yang diperlukan sekitar 1 jam untuk sampai ke pulau yang masih perawan ini.

Pulau Bitila dari Kejauhan

Pemerintah daerah melalui dinas pariwisata mengadakan promosi yang besar-besar terhadap taman laut pulau Bitila agar lebih dikenal luas sampai ke mancanegara. Salah satu usaha tersebut adalah membuka jalur rute wisata Bunaken - Boalemo - Togian. Dengan begitu, wisatawan yang berkunjung ke Bunaken akan diarahkan ke rute berikutnya yaitu Boalemo. Ini merupakan usaha yang efektif dalam meningkatkan sektor kepariwisatan di Pulau Bitila ini.
Seperti kebanyakan pulau di Gorontalo, Bitila memiliki keindahan tersendiri. Keindahan dari pulau ini terletak pada alam bawah lautnya yang sangat menakjubkan. Yang lebih menambah indahnya pulau ini yakni air lautnya yang begitu jernih, sehingga semua jenis biota laut disini dapat terlihat jelas, terlebih kedalaman laut disekitar pulau hanya berkisar 60 CM. Para penyelam dapat menjumpai beragam jenis udang kecil, nudibranch, ghost pipefish, leaf-fish dan lain-lain.
Menurut para ahli, taman laut dari pulau ini mengalahkan keindahan taman laut Bunaken, Manado, Sulawesi Utara. Dan bukan itu saja, keindahan lain yang bisa kita dapatkan disini yakni pasir putih dari pantai sekitar yang masih alami. Bagi Anda yang berkunjung ke Gorontalo, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk berkunjung ke salah satu destinasi wisata bahari yang cukup terkenal di ujung barat Provinsi Gorontalo ini.



ACCESIBILITY

Penggunaan Sampan atau Perahu Kecil untuk menuju Pulau-Pulau Kecil\

            Secara umum untuk menuju lokasi-lokasi seperti pulau-pulau diatas, kalian dapat menggunakan pesawat ke Gorontalo selama kurang lebih 3 jam dari Jakarta, kemudian menggunakan transportasi umum atau sewa mobil menuju kearah Kabupaten Baolemo, dilanjutkan ke kecamatan masing-masing (Tilamuta, Dulupi, Mananggu), kemudian menyewa kapal nelayan untuk menyebrang ke pulau masing-masing selama kurang lebih 1-2 jam. Untuk transportasi di dalam masing-masing pulau seperti kendaraan umum tidak ada, hanya ada kendaraan pribadi seperti sepeda atau motor di Pulau Asiangi dan Pulau Batade dan tidak ada kendaraan sama sekali untuk Pulau Bitila karena memang tidak berpenghuni.

ACTIVITIES

            Kegiatan yang dapat dilakukan di ketiga pulau tersebut hampir sama, antara lain :

Berenang di Air Laut yang Jernih 

  1. Berenang
  2. Snorkeling
  3. Diving
  4. Berjemur matahari
  5. Memancing
  6. Berfoto ria
  7. Berjalan santai

AMENITIES

            Karena pulau-pulau ini ada yang tidak berpenghuni, maka tidak ada fasilitas yang begitu mendukung seperti restoran, café, kios souvenir, travel agencies, tourist information, toilet dan sebagainya. Sedangkan bagi yang berpenghuni fasilitas seperti diatas pun minim hanya sebatas warung kecil dan toilet saja.

ACCOMODATION

Pulo Cinta Cottage di Botumoito, Boalemo
            Masing-masing Pulau diatas bisa dibilang pengembangan wisatanya belum terlalu matang seperti Pulau Bunaken dan sebagainya, jadi fasilitas seperti sarana tempat tinggal sementara pun belum ada. Kebanyakan wisatawan yang datang ke Pulau Asiangi, Batade, dan Bitila hanya berkunjung dan tidak menginap. Walaupun ada pulau yang berpenghuni namun nampaknya belum ada guesthouse atau homestay yang diberdayakan. Nah, bagi kalian yang ingin mencoba menginap di Pulau-Pulau tersebut mungkin bisa menyiapkan peralatan berkemah sendiri serta keperluan lainnya. Namun harus diperhatikan bahwa karena keterbatasan sumber daya yang ada, maka kalian harus siap dengan segala hambatan yang ada nantinya. Virgin Islands memang memiliki daya tariknya tersendiri dengan kesan adventure-nya yang menantang.
            Tapi kalian tidak perlu khawatir, jika tidak ingin berkemah, ada banyak penginapan yang tersebar tidak terlalu jauh dari Pulau-Pulau tersebut, seperti :

  1. Penginapan sekitar Pulau Asiangi dan Pulau Batade :
    1. Penginapan Four Man, di Kampung Cina, Modelomo, Tilamuta, Modelomo
    2. Penginapan & Rumah Makan Klaten, di Jl. HM Soeharto, Hungayonaa, Tilamuta
    3. Hotel Citra Ayu, di Limbato
      Hotel Citra Ayu
    4. Hotel Putera Tunggal, di Modelomo
    5. Hotel Grand Amalia, di Modelomo
      Meeting Room di Grand Amalia Modelomo
    6. Arwana Inn, di Desa Hungayonaa, Tilamuta, Boalemo
      Arwana Inn di Hungayonaa
    7. Penginapan dan Rumah Makan Celebes, di Desa Lamu, Tilamuta, Boalemo
    8. Pulo Cinta di Patoameme, Kec. Botumoito, Kab. Boalemo

  1. Penginapan sekitar Pulau Bitila :
  2. Cottage Balihutuo
    1. Cottage Bolihutuo di Desa Bolihutuo, Kec.Botumoito, Kab. Boalemo
    2. Villa AGAPE di Tapadaa, Botumoito, Boalemo
    3. Penginapan Cemara Hijau di Kec. Mananggu, Boalemo
    4. Irene Hotel di Buntulia Jaya, Duhiadaa, Kabupaten Pohuwato
      Irene Hotel Pohuwato
    5. Marina Beach Resort di Pohuwato Tim., Marisa, Kabupaten Pohuwato
      Marina Beach Pohuwatu
    6. Grand Permai Hotel di Palopo, Marisa, Kabupaten Pohuwato
    7. Winner Hotel di Jl. Trans Sulawesi, Marisa Utara, Marisa, Kabupaten Pohuwato
      Winner Hotel Marisa Utara
    8. Hotel Alfa di Botubilotahu Indah, Marisa, Kabupaten Pohuwato
    9. Pulo Cinta di Patoameme, Kec. Botumoito, Kab. Boalemo



Sekian Pembahasan Mengenai Gorontalo "Hidden Paradise" - Private Islands
Semoga bisa menjadi referensi kalian untuk berlibur dan bagi kemajuan Pariwisata Pulau Kecil di Gorontalo
Terimakasih telah membaca... 😁😁😁😁😁😁


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keliling Indonesia dalam Satu Hari – Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Sisi Lain Indonesia Timur - Papua Barat "Kab. Fakfak & Teluk Wondama"

Landmark Indonesia – Monumen Nasional di Jakarta